.: SMAN 1 Kedungwuni Pekalongan .:. Official Website :.

"Bangga Berbahasa Indonesia" (Cerpen Karya Sendi Ayu Subekti)

Seperti biasa aku dengan semangat berangkat sekolah. Karena jam menunjukkan angka 6, kelas masih sepi. “Ah, mungkin hari ini aku darang terlalu pagi”. Merasa bosan aku pun berniat membaca novel sambil menunggu teman yang lain datang. Tak sampai 10 menit, tiba-tiba ada seruan, “Morning...!”Ah, tanpa menoleh pun aku sudah tau siapa yang datang.

“Hei Rena! Kenapa kau tidak membalas sapaanku?” Protes Evelyn.

Aku hanya mendengus pelan.

 “Pagi juga, Evelyn” Tahu kalo Evelyn mungkin akan marah jadi akhirnya aku membalas sapaannya.

   “Seharusnya kau membalas dengan mengucapkan morning juga, Ren. Bukannya pagi” Ujar Evelyn sambil duduk di bangkunya.

   “Inikan di Indonesia, Lyn. Disini kita sewajarnya menggunakan bahasa Indonesia” balasku. Tapi seperti biasa, Evelyn selalu tidak mau kalah soal berdebat.

   “Oh my god, Renaku sayang. . .”, Aku melihat Evelyn berbalik menghadapku.

   “Kita hidup di Jakarta, semua serba modern. Dan bahasa inggris membuat kita menjadi gaul, Ren” Lanjutnya.

   Jujur saja, perkataan Evelyn memang ada benarnya. Setiap kali kita berbicara dengan bahasa asing, kita pasti merasa keren. Dengan begitu tanpa sadar kita akan bangga dan secara perlahan mulai melupakan bahasa kita sendiri yaitu Bahasa Indonesia.

Last Updated on Friday, 13 October 2017 10:32

Hits: 213

Read more: "Bangga Berbahasa Indonesia" (Cerpen Karya Sendi Ayu Subekti)

Tips dan Trik untuk Meraih Karya Prestatif

KIRMengadakan penelitian sebelum menulis karya tulis ilmiah  seharusnya sudah menjadi kewajiban bagi anggota Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) karena dengan melakukan penelitian, seorang penulis dapat mengetahui dengan lebih dalam tentang seluk beluk subjek yang hendak ia bahas dalam tulisannya. Namun demikian, masih banyak penulis yang enggan meneliti subjek yang hendak dibahasnya, entah karena merasa sudah mengenal betul subjek tersebut atau karena malas untuk mencari tahu lebih dalam lagi.

Last Updated on Sunday, 02 June 2013 21:24

Hits: 1719

Read more: Tips dan Trik untuk Meraih Karya Prestatif

Info Giat Ekskul KIR SMANDUNG

EkskulSMA Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan sebagai salah satu sekolah yang ditunjuk sebagai penerima Bantuan Fasilitasi Penelitian IPA-IPS Tahun Anggaran 2013 diharapkan dapat melakukan penelitian Siswa IPA/IPS SMA.
Untuk melaksanakan kegiatan tersebut, maka diperlukan suatu perencanaan mulai dari persiapan sumber daya manusia, pemilihan tema, pembentukan tim peneliti hingga proses penelitian. Untuk itulah maka Ekstra Kurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) melaksanakan  Coaching / pembekalan Bantuan Fasilitasi Penelitian IPA-IPS Tahun Anggaran 2013 bagi anggota KIR  pada hari Minggu, 2 Juni 2013 jam 08.00 s.d. 16.00 WIB bertempat  di Outbond Center Linggoasri.

Last Updated on Sunday, 02 June 2013 21:16

Hits: 14095

Read more: Info Giat Ekskul KIR SMANDUNG

Belajar Sosiologi dengan Film

BELAJAR SOSIOLOGI DENGAN FILM (SEBUAH UPAYA PEMBELAJARAN INOVATIF YANG MENYENANGKAN)

SosiologiSeiring dengan berkembangnya metode pendidikan yang edutainment semua guru berlomba-lomba menciptakan metode belajar-mengajar yang kreatif dan menyenangkan. Tidak hanya guru Mall-Mall dikota-kota besarpun bersaing menciptakan tempat hiburan bagi anak-anak yang bersifat edutainment. Akan tetapi belajar “edutainment” di Mall membutuhkan biaya yang tidak kecil dan itupun hanya dapat dinikmati oleh orang-orang dari golongan tertentu.

Terlepas dari adanya Mall-Mall yang ber”edutainment”

Last Updated on Wednesday, 29 May 2013 09:29

Hits: 3137

Read more: Belajar Sosiologi dengan Film